Kelas 7 | Perubahan Kebudayaan dalam Masyarakat

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS : VII (TUJUH) - D

GURU PENGAMPU : PURNAMA PUTRI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : 01 Maret 2024

Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya;

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat



ilustrasi perubahan sosial masyarakat

MATERI PEMBELAJARAN

Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial tentunya interaksi antarmanusia sering terjadi. Hal ini menumbuhkan dinamika kehidupan yang dapat saling memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Ketika saling memenuhi kebutuhannya, manusia akan cenderung membawa perubahan terhadap masing-masing budaya hidup masyarakat tempat tinggalnya. Perubahan ini terdiri atas perubahan perilaku, cara berpikir, dan sistem nilai yang terus berkembang.

Tanpa kita sadari, ternyata perubahan ini mengalami pergerakan di setiap waktunya. Sebuah proses perubahan sosial budaya ternyata bisa kita lihat dan rasakan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, perubahan sosial budaya terjadi karena terdapat beberapa faktor yang mendorong hal tersebut.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial menurut Selo Soemardjan adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Menurut ahli sosiologi, Max Weber, dalam bukunya yang berjudul Sociological Writings bahwa perubahan sosial adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat dari adanya ketidaksesuaian unsur-unsur di dalamnya.

Sementara, perubahan sosial budaya menurut Kingsley Davis adalah perubahan yang mencakup segenap cara berpikir dan bertingkah laku, yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

Dengan demikian, perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat, yang mencakup perubahan budaya atas perubahan nilai-nilai dan tata cara kehidupan masyarakat.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

Terdapat beberapa faktor pendorong dari perubahan sosial budaya. Mengutip pendapat Soerjono Soekanto, beberapa faktor pendorong perubahan sosial budaya adalah:

  • Adanya kontak dengan budaya lain. Melalui kontak sosial masyarakat mengalami proses penyampaian informasi tentang gagasan, ide, keyakinan, dan hasil-hasil budaya yang berupa fisik. Ketika ada dua kebudayaan saling bertemu akan saling memengaruhi sehingga berakhir membawa perubahan.
  • Sikap saling menghargai hasil karya orang lain dapat mendorong seorang individu menciptakan penemuan-penemuan baru.
  • Sistem pendidikan yang maju memungkinkan individu akan mempelajari nilai-nilai tertentu yang dapat membuka pikirannya dalam menerima hal-hal baru.
  • Sikap toleransi terhadap adanya pengaruh dari luar.
  • Sistem lapisan masyarakat yang terbuka.
  • Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang atau sektor kehidupan tertentu.
  • Adanya orientasi ke masa depan.

Contoh Perubahan Sosial Budaya

Berdasarkan pengertian di atas, terdapat beberapa contoh perubahan sosial budaya di masyarakat yaitu:

  • Kebiasaan komunikasi yang dipermudah dengan smartphone. Jika dahulu, untuk mengirim pesan masyarakat akan menggunakan surat atau telepon umum, kini pesan tersebut dapat dikirimkan melalui ponsel pintar tanpa ada batasan ruang dan waktu sehingga dapat mengirim kepada siapapun dan kapanpun.
  • Kemunculan e-commerce membawa kebiasaan baru masyarakat untuk berbelanja secara daring melalui platform pasar online. Bahkan melalui sistem live streaming di beberapa platform akan memungkinkan proses menawarkan barang secara langsung kepada calon konsumen secara online.
  • Kebiasaan memesan makanan lewat aplikasi penyedia jasa antar. Hanya dengan mengakses satu aplikasi, kini masyarakat dapat memesan makanan, melakukan pembayaran, dan memungkinkan makanan tersebut diantar langsung ke rumah.
  • Perubahan di bidang elektronik telah memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi atau kegiatan keuangan secara digital. Seperti melalui mobile banking masyarakat mampu menabung, mengirim uang, melakukan pembayaran secara daring.
  • Perkembangan genre musik yang didengarkan oleh masyarakat karena akses jenis musik semakin beragam dengan bantuan beberapa platform penyedia layanan musik digital.
  • Pengaruh gaya berpakaian dari media-media hiburan seperti film atau drama dapat mempengaruhi tren berbusana masyarakat merupakan salah satu contoh perubahan sosial budaya.
\
KESIMPULAN: Perubahan kebudayaan dan perubahan sosial sulit untuk dipisahkan karena setiap masyarakat memiliki kebudayaan dan kebudayaan itu tidak mungkin muncul di luar masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas 7 | Indonesia Sebagai Negara Kesatuan

Kelas 8 | Semangat dan Komitmen Kebangsaan Pendiri Negara

Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia